• SMA NEGERI 2 BOGOR
  • “Terwujudnya Peneliti Muda, Berkarakter, Berijiwa Kewirausahaan, Berbudaya Lingkungan, dan Mampu Bersaing di Tingkat Global.”

EKSKUL PECINTA ALAM SMANDA MENGADAKAN DIKLATSAR KE- XXIV

DIKLATSAR XXIV PALASDA

Cerdas, Kompak, Tangguh

Sebagai organisasi ekstrakurikuler yang sebagian besar berkegiatan di alam bebas. Palasda mengadakan rangkaian kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) ke XXIV, setelah sebelumnya para calon anggota mengikuti kegiatan Pra Pendidikan dan Latihan (Pra Diklat).

Palasda merupakan wadah bagi para siswa untuk mengasah softskill terhadap kegiatan di alam bebas. Salah satu tujuan utama Palasda adalah menyalurkan minat siswa terhadap kegiatan alam bebas yang menantang. Namun, di balik semua itu terdapat tujuan yang paling utama, yaitu menanamkan sikap peduli dan cinta terhadap lingkungan.

Kegiatan Diklatsar dilakukan untuk membentuk karakter yang mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab serta menjadikan siswa yang berbudaya dan cinta lingkungan. Tercatat sebanyak 10 orang yang merupakan calon anggota Palasda mengikuti kegitan Diklatsar selama 2 hari 1 malam (26 – 27 Maret 2022) di lingkungan SMAN 2 Bogor.

Kegiatan ini dimulai pada Sabtu, 26 Maret 2022 pukul 06.00 WIB yang diawali dengan persiapan pengecekan barang bawaan siswa sekaligus materi managemen perjalanan. Kemudian Bapak Muhadi sebagai Wakasek Kesiswaan menyampaikan beberapa informasi dan pesan sebagai sambutan demi kelancaran kegiatan ini. Acara dilanjutkan dengan long march dari SMAN 2 Bogor ke SMAN 2 Bogor sebagai tujuan akhirnya.

Kegiatan berikutnya merupakan pemberian materi dan praktik oleh pemateri yang kompeten di bidangnya. Materi pertama navigasi darat dilanjutkan  dengan materi SAR dan PPGD. Sekitar pukul 12.00 WIB tiba waktunya untuk Ishoma. Dilanjutkan dengan materi climbing. Pukul 16.00 WIB kembali istirahat sholat. Setelahnya siswa diarahkan untuk praktik membuat bivak kelompok. Setelah break shalat Maghrib, materi selanjutnya adalah survival. Pada materi ini siswa mengolah ayam hidup yang sudah disipkan panitia untuk digunakan sebagai lauk makan malam. Setelah selesai, mereka diizinkan untuk istirahat.

Pukul 02.00 Minggu, 27 Maret 2022, peserta dibangunkan untuk melakukan evaluasi mengenai materi yang telah dipelajari di hari sebelumnya. Disusul dengan uji komperhensif metode pos. Siswa melakukan sholat subuh berjamaah.

Pengukuhan dan penyematan sleyer menjadi puncak acara sekaligus momen haru bagi calon anggota Palasda. Pukul 07.00 sarapan. Lalu packing barang bawaan dan operasi semut.

Akhirnya semua rangkaian acara Diklatsar XXIV selesai. Acara  ditutup dengan upacara penutupan.

Acara Diklatsar XXIV berlangsung dengan lancar dan kondusif. Setelah dilakukannya acara ini diharapkan anggota muda memiliki Self Confident dalam berkegiatan di alam bebas, memiliki kemampuan Teamworking dalam berkegiatan maupun berorganisasi, memiliki keterampilan problem solving dalam menyelesaikan masalah di alam bebas, memiliki jiwa Leadership dalam memimpin dilapangan maupun dalam organisasi, dan memiliki karakter Brotherhood yang selalu menjaga dan membantu antar saudara.

Berikut dokumentasi kegiatan diklstsar Sman 2 Bogor

 

 

 

 

 

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB TAHAP 2 SMA NEGERI 2 BOGOR

   

10/07/2023 14:06 - Oleh Administrator - Dilihat 1583 kali
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB TAHAP 1 SMAN 2 BOGOR

20/06/2023 14:44 - Oleh Administrator - Dilihat 1683 kali
ALL STAR SMAN 2 BOGOR RAIH JUARA 2 dan 3 MODERN DANCE

Salah satu ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Bogor, Allstar Dancers berhasil meraih Juara 3 di Dance Competition TRANSTAMA GARUDACOMPETITION tingkat Jabodetabek pada tanggal 3 Juli 2022.

31/08/2022 14:13 - Oleh Administrator - Dilihat 1745 kali
BORONG MEDALI DI KEJUARAAN RENANG BOGOR NGOJAY

Azalia atlit renang dari Sman 2 Bogor berhasil memberikan prestasi kembali untuk sekolahnya Azalia berhasil meraih 3 mendali di kejuaraan renang, BOGOR NGOJAY 5, yang di laksanakan pada

31/08/2022 14:03 - Oleh Administrator - Dilihat 2013 kali
KEGIATAN PLS DI SMAN 2 BOGOR

Sman 2 Bogor Pengenalan lingkungan sekolah sman 2 Bogor dilaksanakan pada tanggal 18-22 juli 2022. Kegiatan ini diikuti sebanyak 324 calon peserta didik baru Sman 2 Bogor tahun ajaran

05/08/2022 13:42 - Oleh Administrator - Dilihat 1998 kali